Skip to main content

Order Sekarang. Klik WhatsApp Kami

Silahkan order langsung via tombol Whatapps dan SMS di bawah ini, kami akan langsung merespond pesanan Anda. Gambar Kirim ke WhatsApp Kami 085214010116 Kalau susah di Telpn mohon WA saja pasti di balas. Sebutkan Nama :, Alamat :, Nama Barang :, Ukuran:

WhatsApp Sekarang SMS Sekarang

Tips Memilih Railing Tangga

Balkon juga merupakan salah satu unsur penunjang fasade sebuah hunian atau wajah sebuah bangunan terutama hunian berlantai dua. Semakin berkembang desain bangunan belakangan ini berkembang pula kreativitas desain, konsep dan fungsi dari balkon.
SECARA DEFINISI dan pengertiannya balkon merupakan sebangsa langkan atau serambi atas, atau disebut juga sebagai teras pada lantai atas untuk bangunan bertingkat. Bisa juga berarti sebagai tempat duduk yang letaknya di tingkat atas, biasanya di samping kiri dan kanan maupun belakang yang menghadap ke panggung sebuah gedung kesenian atau gedung opera atau gedung bioskop.

Bila mempunyai hunian bertingkat tak lengkap rasanya jika tak memberi salah satu elemen penting ini dalam sebuah hunian. Balkon, merupakan salah satu elemen penting itu, karena dengan kehadiran balkon ini akan mempercantik fasade hunian terutama di desain secara kreatif dan sederhana maka nuansa hunian akan tampil berbeda.

Selain itu dengan menghadirkan balkon dalam hunian bertingat kita, maka banyak fungsi dan manfaat yang di dapat. Balkon sudah menjadi satu kesatuan ruang dengan desain rumah secara keseluruhan. Memang secara fungsinya balkon mampu digunakan sebagai apa saja, bahkan balkon membuat beberapa penghuni hanya sebagai tempat untuk bersantai-santai dan ada juga yang menggunakannya sebagai tempat jemuran.

Namun apapun fungsi dari balkon yang diterapkan para penghuninya fungsi utama dari balkon adalah sebagai akses masuknya cahaya matahari kedalam rumah., serta masuknya udara dari luar ke dalam dan sebaliknya pada lantai dua atau lantai atas lainnya. Atau jika rumah terdapat void maka perputaran udara juga bisa mencakup pada lantai dibawahnya. T

IPS BAHAN RAILING UNTUK BALKON

• Untuk desain bangunan minimalis, railing dan bahan dasar yang digunakan harus sesederhana mungkin. Salah satu caranya dengan membuat balkon persegi dengan railing vertikal atau horizontal. • Sedangkan untuk rumah klasik, railing yang digunakan bisa berupa besi ukir yang detail dengan aksen melingkar dan diberi unsur flora. Bentuk ujung balkon bisa didesain melengkung.
 • Untuk rumah berkonsep country, balkon bisa didesain bergaya lebih maskulin dengan memberikan unsur gelap.

Material railing yang digunakan untuk balkon rumah coun¬try ini sebaiknya terbuat dari kayu atau gypsum yang mengekspos kilatan. Pada awalnya balkon hanya dibuat sekedar untuk mempercantik hunian, karena itu mendesainnya tidak terlalu besar dan tidak meletakkan interior apapun di balkon. Balkon di desain sesederhana mungkin dan perletakan balkon biasanya di depan kamar tidur utama dilantai atas, ada juga yang mendesain balkon diletakkan di depan ruang keluarga lantai atas.

Sehingga balkon yang sederhana ini bukan hanya berfungsi mempercantik hunian dan sebagai salah satu ornament dekorasi rumah, namun juga berfungsi sebagai pintu sirkulasi udara yang bagus dan sebagai akses masuknya cahaya matahari. Sebelum benar-benar akan mempercantik hunian dengan menggunakan balkon sebagai salah satu ornament untuk mendekorasi fasade hunian, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Jika memang tujuannya adalah untuk menstabilkan sirkulasi udara dan sebagai akses cahaya di lantai atas maka hal yang perlu diperhatikan yaitu arah datangnya sinar matahari. Sebaiknya letakkan balkon tidak mengarah pada saat matahari tenggelam, biasanya matahari saat sore hari cenderung lebih panas, kering dan bersifat merusak.

Jika ternyata sudah terlanjur maka sebaiknya gunakan kanopi sebagai peneduh balkon dan ruang di dalamnya agar tak terasa panas dan kering. Kanopi bisa terbuat dari cor beton, dari genting, bahan sirap (kayu), vinil, polikarbonat, kain, plastik, dak beton, seng, dan fiber semen.

Beragamnya jenis bahan ini memudahkan untuk memilih salah satu diantaranya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pilih kanopi yang unik atau sesuai dengan interior hunian agar terlihat lebih menarik dan tampil cantik.

Atau jika memungkinkan tanamlah pohon yang ketinggiannya bisa menutupi atau memberi keteduhan dan dapat menyerap sinar matahari sore agar di balkon dan di dalam rumah terasa sejuk.