Skip to main content

Order Sekarang. Klik WhatsApp Kami

Silahkan order langsung via tombol Whatapps dan SMS di bawah ini, kami akan langsung merespond pesanan Anda. Gambar Kirim ke WhatsApp Kami 085214010116 Kalau susah di Telpn mohon WA saja pasti di balas. Sebutkan Nama :, Alamat :, Nama Barang :, Ukuran:

WhatsApp Sekarang SMS Sekarang

Tips Membuat Balkon Rumah yang Nyaman dan Enak Dipandang

Salah satu bagian yang lazim ada dari rumah bertingkat adalah balkon. Fungsinya adalah semacam halaman bagi lantai atas. Umumnya berupa ruang terbuka yang berada di bagian depan rumah yang bisa digunakan untuk menikmati pagi atau sore sambil minum teh atau kopi.

Selain itu pembuatan balkon juga bisa di jadikan salah satu solusi, untuk mengupayakan atau menciptakan ruang terbuka di lahan yang terbatas. Jika rumah bagian bawah mungkin telah penuh dengan taman mini dan garasi mobil-mobil anda, maka satu-satunya tempat untuk bersantai dan bercengkerama bersama keluarga sembari menikmati udara dan pemandangan luar adalah di balkon atas.
Nah buat anda yang saat ini berencana membuat balkon untuk rumah kesayangan, tak ada salahnya anda membaca dulu tips-tips yang kami berikan di bawah ini dulu. Siapa tahu salah satunya bisa menginspirasi anda.

Sesuaikan desain balkon dengan desain rumah anda Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan dalam membuat balkon adalah model dari rumah Anda. Kesesuaian model balkon dengan keseluruhan rumah Anda adalah hal yang perlu Anda perhatian. Mungkin Anda suka dengan model balkon yang minimalis, namun misalkan jika rumah yang Anda tempati bermodel klasik, tentunya paduan keduanya tidak akan terlalu mengena di hati dan di mata.

Selanjutnya, pembuatan balkon jangan sampai malah membuat keseluruhan perwajahan rumah Anda menjadi kacau. Pada tahap ini mungkin Anda bisa membuat sketsanya terlebih dahulu atau melakukan konsultasi terkait bentuk balkon yang pas dengan seorang arsitek,sehingga kemudian bisa terbangun balkon yang seimbang secara estetis dengan rumah Anda.

Ukuran balkon idealnya di sesuaikan dengan ketersediaan ruang yang ada Mungkin Anda menginginkan sebuah balkon yang luas bagi aktifitas bersantai Anda, atau untuk sebuah taman minimalis yang Anda impikan. Namun begitu, seperti yang telah diungkapkan pada poin tertama, semua berpulang pada dimensi keseluruhan rumah Anda. Ukuran balkon sebaiknya disesuaikan dengan luas area yang tersedia.

Jika lahan terbatas, maka ukuran balkon pun bisa menyesuaikan, apalagi jika maksud penggunaan balkon itu adalah sekadar untuk bersantai di sore hari bersama pasangan tercinta. Namun semua itu kembali pada niat Anda, yang penting diperhatikan adalah kesesuaian bentuk dan estetika antara rumah dengan balkon yang akan Anda bangun.

Penempatan balkon merupakan bagian penting untuk di pikirkan Salah satu aspek yang membuat balkon selalu menarik untuk bersantai adalah pemandangan yang akan Anda dapat dari atas balkon. Tentu saja tak akan menarik jika Anda membuat balkon hanya untuk menghadap tembok rumah tetangga. Jika pada satu sisi rumah Anda menghadap pemandangan yang mengesankan, mungkin Anda bisa mempertimbangkan membuat balkon di atasnya.

Balkon tidak harus menghadap ke halaman muka, bukan? Semakin banyak pemandangan bagus yang bisa Anda dapat dari balkon Anda, maka Anda akan semakin betah pula duduk-duduk di dalamnya. Perhatikan atap yang akan di gunakan Setelah balkon terbangun, maka ada baiknya jika Anda mempertimbangan untuk memberinya atap. Tidak seperti patio yang seringkali tidak beratap, mungkin Anda akan memerlukan balkon Anda pada saat cuaca tidak mendukung seperti saat hujan atau panas terik. Mungkin Anda juga akan sering beraktifitas di sana.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memberinya atap atau kanopi. Anda bisa memilih kanopi berbahan ringan seperti fiberglass, dengan rangka baja ringan. Jika Anda ingin yang lebih gaya yang lebih rustic, kanopi berbahan kayu dan genting juga bisa Anda coba. Perhatikan juga desain railing atau pagar balkon Railing atau pagar adalah komponen yang tak terpisahkan dari sebuah balkon. Sebagai bagian bagunan yang terletak beberapa meter di atas tanah, maka Anda perlu menggunakan pagarsebagai pengaman bagi balkon Anda.

Bukan hanya untuk Anda sendiri, namun jika semisal di rumah Anda ada anak kecil, para ini adalah sebagai batas pengaman. Ada berbagai macam gaya pagar yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan gaya keseluruhan rumah Anda. Yang penting diperhatikan adalah ketinggian pagar yang aman bagi keselamatan seluruh keluarga. Ketinggian railing umumnya 0.8 hingga 1 meter. Pemilihan furniture yang tepat untuk balkon Sebagai kelengkapan balkon adalah furniture.

Anda bisa mengisi balkon Anda dengan meja dan kursi, atau bahkan sebuah sofa serta meja untuk kopi. Ada berbagai pilihan meja atau kursi yang bisa Anda pilih bagi balkon Anda, dari yang bergaya retro, modern, minimalis, atau bergaya rustic. Anda bisa menyesuaikan salah satunya untuk balkon Anda. Hanya saja ada yang perlu Anda ingat bahwa karena balkon merupakan area yang sering terpapar pada cuaca luar, pilihlah furnitur dengan bahan-bahan yang bisa tahan dengan cuaca.

Penempatan taman sederhana pada balkon Sebagai sarana untuk membuat suasana semakin segar, Anda bisa menambahkan sebuah konsep taman sederhana pada balkon Anda. Tidak perlu banyak tanaman, beberapa buah pot bunga pun sudah cukup untuk menyemarakkannya. Anda juga bisa memberinya beberapa pot gantung untuk memberi kesan sejuk dan ringan.

Jika luasnya memungkinkan, Anda bisa menggunakan lahan balkon yang tersisa untuk bertanam sayuran secara hidroponik. Sistem tanam ini tidak memerlukan tanah, sehingga membuat balkon selalu bersih, perawatannya pun sangat mudah. Selain itu, balkon Anda akan selalu tampak hijau an, yang jelas, keluarga Anda tak akan pernah kekurangan sayur segar. Pemberdayaan balkon Selain sebagai tempat untuk bersantai, Anda juga bisa memperdayakan balkon sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktifitas lain.

Jika balkon Anda cukup luas, maka Anda bisa menggunakannya sebagai ruang keluarga, atau bahkan sebuah ruang makan outdoor. Tentunya akan semakin menyenangkan berkumpul atau makan bersama sambil menikmati suasana luar. Ada berbagai fungsi lain yang bisa kita dapat dari sebuah balkon, dan itu semua tergantung pada keinginan dan imajinasi Anda. Warna yang cocok Balkon adalah identik dengan suatu aktifitas kasual, oleh karena itu Anda mungkin akan lebih suka untuk mengecatnya dengan warna-warna yang teduh dan soft.

Walau begitu, pada saat akan mengecatnya Anda harus memikirkan cat dari keseluruhan eksterior rumah Anda. Jangan sampai cat balkon Anda terkesan menabrak cat rumah Anda, sehingga menghasilkan kesan yang tidak harmonis. Untuk amannya, akan lebih bijak jika Anda menggunakan warna yang senada dengan warna cat eksterior rumah Anda.

Walau begitu, semua itu terserah pada selera Anda. Balkon bukan jemuran Salah satu hal yang mungkin tak disadari sering dilakukan adalah menggunakan balkon sebagia tempat jemuran. Sebaiknya Anda menghindari aktifitas menjemur pakaian di balkon ini. Selain balkon memang bukan tempat untuk menjemur, secara estetis memang pakaian yang dijemur dan melambai-lambai tertiup angin di balkon memang tidak sedap dipandang mata.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menjemur pakaian di balkon. Balkon bukan gudang Selain menjadi tempat jemuran, seringkali balkon digunakan untuk gudang. Barang apapun yang dianggap telah selesai masa pakainya mungkin memang akan paling gampang disimpan di balkon, walau akhirnya hanya akan semakin rusak karena terpapar oleh udara terbuka.

Sebagai gudang, penampilan balkon akan semrawut dan kotor, bahkan mungkin akan mejadi sarang nyamuk serta tikus. Oleh karena itu, hindari memfungsikan balkon sebagai gudang. Demikian adalah beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk membuat balkon yang sederhana dan nyaman bagi Anda dan keluarga.

Semoga beberapa tips sederhana di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi anda.